Ratusan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Menghadiri Acara Malam Apresiasi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2023

26 November 2023

Tarempa-Media Center. kepala BPMP Provinsi Kepulauan Riau, Warsita menghadiri acara Malam Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 di gedung BPMS tarempa (25/11).
Malam Apresiasi tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional yang ke-78 dengan mengangkat tema ‘Patah Tumbuh Hilang Berganti, Tak Melayu Hilang di Bumi’ini dihadiri juga oleh tim Direktorat SMP Kemdikbudristek Syahda Sukma Indiradan Ridwan Budiman.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Tony Karnain mengatakan perjuangan yang dilalui oleh guru-guru di Kepulauan Anambas dalam menyukseskan Kurikulum Merdeka sangat besar, sehingga mereka patut mendapat dukungan guna menghargai setiap perjuangan insan pendidik yang terus bergerak melakukan transformasi pendidikan di Kepulauan Anambas ini. Oleh karena itu, di momen hari guru ini tepatnya 25 November tahun 2023 rasanya sangatlah pantas pemerintah daerah melalui Disdikpora Kepulauan Anambas memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang terus menunjukkan perfoma terbaik mereka dalam melaksanakan kebijakan merdeka belajar.


“Pada malam hari ini kami memberikan lebih dari 20 kategori penghargaan sebagai upaya memacu motivasi pendidik dan tenaga kependidikan lainnya agar mau berkerja keras dalam meningkatkan mutu pendidikan” ujarnya

“Tantangan yang mereka hadapi dalam melaksanakan implementasi kurikulum merdeka tentu akan berbeda-beda sesuai dengan kondisi satuan pendidikan masing–masing. Secara umum tantangan tersebut di antaranya adalah :

1. kondisi geografis Kepulauan Anambas yang terdiri dari pulau pulau dengan kondisi cauca yang tidak menentu menyebabkan mereka kesulitan dalam berkoordinasi baik dengan dinas pendidikan maupun sekolah pemgimbas lainnya;
2. lemahnya jaringan internet di beberapa desa di setiap kecamatan menyebabkan mereka terkendala dalam upyaa percepatan seluruh progres kebijakan merdeka belajar (misalnya dalam pemanfaatan pmm, aktivasi akun belajar ide, download referensi dan lain lain);
3. masih kuranganya motivasi dari beberapa guru untuk keluar daei zona aman agar mampu mengimplementasikan kurikulum merdeka”, tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra mengatakan, “Saat ini tanggungjawab guru semakin besar, seiring dengan Teknologi yang semakin maju, ilmu pengetahuan yang semakin berkembang, tak mudah membuat anak-anak didik untuk dapat bersaing di dunia luar dengan tetap menanamkan wawasan, Budaya sekaligus Budi Pekerti. Untuk itu pada momentum ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Guru atas semua Dedikasi yang telah di berikan di tengah keterbatasan yang tak menyurutkan semangat Bapak Ibu sekalian untuk membentuk Generasi Emas Bagi Bangsa”.


“Terakhir saya mengucapkan Selamat atas prestasi yang telah diraih, semoga dapat menjadi contoh teladan dan motivasi untuk Bapak ibu Pendidik Tenaga Kependidikan lainnya di Kabupaten Kepulauan Anambas. Selamat Hari Guru panutan Kami yang selalu kami kenang Jasa-jasanya, mari terus semangat melaju kedepan, terus bergerak Wujudkan Merdeka Belajar,”, ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BPMP Provinsi Kepulauan Riau Warsita mengatakan Apresiasi GTK yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dalam rangka Hari Guru Nasional 2023 ini sedikit berbeda dengan perhelatan tahun-tahun sebelumnya, terutama dalam hal kategori apresiasi dan pembuatan aksi nyata. Jika tahun-tahun sebelumnya apresiasi GTK ini hanya sebatas GTK inspiratif, pada tahun ini berkembang menjadi beberapa kategori baru, tetapi tetap berpatokan pada aksi nyata masing-masing GTK.

“pada apresiasi GTK yang digelar dalam rangka Hari Guru Nasional ini pada tahun 2023 berkembang menjadi 4 kategori. kategori yang ada pada apresiasi GTK dalam rangka Hari Guru Nasional 2023 ini adalah GTK Inovatif, GTK Dedikatif, GTK Inspiratif, dan Terima Kasih Guruku.” Ujarnya.
Pada kesempatan yang sama ketua tim inovasi transformasi pembelajaran Kemendikbud ristek, Syahda Sukma indera mengatakan Saat ini sudah hampir 70 persen satuan pendidikan telah menerapkan kurikulum merdeka di Indonesia, melalui program sekolah penggerak, smk pusat keunggulan, dan pelaksana Kurikulum Merdeka (KM) secara mandiri.


“Target nasional tahun depan 2024, 80 % satuan pendidikan menerapkan KM, bersamaan dengan pencanangan KM sebagai KM nasional; dan tahun 2026, 100% satuan pendidikan menerapkan KM Berdasarkan data khusus kepulauan riau ada 1.840 atau 63,1% satuan pendidikan sdh menerapkan kurikulum merdeka, khusus kep anambas ada 131 atau 79, 88 %. artinya ini menjadi tugas kita bersama untuk terus bisa mengadvokasi satuan pendidikan untuk mulai belajar dan berubah untuk menerapkan KM.” ujarnya

“ Berbagai kebijakan merdeka belajar tidak akan berhasil dan berjalan tanpa peran aktif, dukungan gotong royong semua stakeholder baik pusat, pemda, dinas pendidikan, para pendidik dan tenaga kependidikan, masyakarat, dan stakeholder terkait lainnya. Dukungan pemerintah daerah baik kebijakan, anggaran, program, menjadi dorongan dan motivasi yang kuat dan menjadi kunci keberhasilan pendidikan Sehingga, apresiasi pendidikan yang diberikan saat ini menjadi sangat penting untuk memberikan motivasi kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk terus berkarya dan berprestasi”, tambahnya.

Penghargaan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang telah memberikan kinerja dan pengabdian terbaik dengan tugas dan tanggungjawab.
1. Penghargaan diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan yang telah memasuki masa purnabakti, atas dedikasi dan pengabdiannya dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Kabupaten Kepulauan Anambas
a. Hairuddin, A.Ma.Pd
b. Aris Fandiar,S.Pd.SD
c. Maryani,S.Pd.SD
d. Sa’adah,A.Ma.Pd
e. Hamidah, S.Pd.I
f. Gusmardi
g. Mustafa
h. Muslimah, S.Pd.SD
i. Erlan
j. Ruslan, A.Ma.Pd

2. Penghargaan selanjutnya diberikan kepada seluruh pengawas sekolah atas dedikasinya dalam mendukung progress capaian peningkatan mutu Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun 2023:
a. Suhartes,S.Pd.SD
b. Mahmur, S.Pd.SD
c. Dra. Paridah
d. Lustika, S.Pd.SD
e. Artita, S.Ag

3. Kategori Koordinator Wilayah (Korwil) bidang Pendidikan kecamatan, pendorong pelaksanaan merdeka belajar terbaik tahun 2023 di berikan kepada:
a. Korwil Kecamatan Jemaja
b. Korwil kecamatan Siantan Timur
c. Korwil kecamatan Palmatak

4. Kategori Kepala Sekolah berdidikasi se-Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 diberikan kepada : Sudirman, S.Pd.SD (Kepala SDN 002 Kiabu Kecamatan Siantan Selatan)

5. Kategori Kepala sekolah paling responsif se-Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 diberikan kepada : Rosnilawati, S.Pd.SD (Kepala SDN 005 Lembah Rewak Kecamatan Jemaja)

6. Kategori Kepala sekolah paling inovatif se-Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 diberikan kepada : Riawati, S.Pd.SD (Kepala SDN 001 Tarempa, yang saat ini dipindah tugaskan di SDN 003 Tarempa Kecamatan Siantan)

7. Kategori Pendidik dan tenaga kependidikan inovatif bidang seni tahun 2023 diberikan kepada :
a. Mei Shinta, S.Pd (Guru SMP N 1 Siantan)
b. Erda Betti, S.Pd (Guru SMP N 5 Bukit Tambun)
c. Revi Sugara, S.Pd (Guru MTs Fatahillah Tarempa)

8. Kategori Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pengimbas Inspiratif Tahun 2023 diberikan kepada
a. Ester Harlina, S.Pd. Gr (Guru SDN 007 Sedak)
b. Leny Farinawati, S.Pd (Guru SMPN 1 Jemaja Timur)
c. Sri Widarti Sulistya Riskha, S.Pd.SD (Guru SDN 003 Tarempa)

9. Kategori Pendidik dan tenaga kependidikan pendampingan bidang IT terbaik tahun 2023 adalah: Wisnu Cahyoto, S.Kom (Guru SMPN 2 Siantan)

10. Kategori Operator sekolah terbaik jenjang PAUD/SD/SMP se-Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 diberikan kepada:
a. Jenjang PAUD : Ogi Vanila SD (Operator TK Negeri 1 Jemaja Timur)
b. Jenjang: Murzilah, S.Pd.SD (Operator SDN 002 Matak)
c. Jenjang SMP : Muslim (Operator SMPN 2 Siantan)

11. Kategori Penjaga sekolah terbaik se-Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 adalah; Tarmizi (Penjaga Sekolah SDN 002 Bayat)

12. Kategori Pesuruh sekolah terbaik se-Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 diberikan kepada: Tamrin (Pesuruh Sekolah SDN 003 Tarempa)

13. Kategori Bendahara sekolah terbaik se-Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 diberikan kepada : Khamilatur Rizqi Masruroh, S.Pd (Bendahara SDN 004 Letung)

14. Kategori Tenaga Tata Usaha sekolah terbaik se-Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 adalah: Maharani ( Tenaga Tata Usaha SMPN 1 Palmatak)

15. Pengurus barang sekolah terbaik tahun 2023 diberikan kepada Superman (Pengurus Barang SDN 007 Muntai Kecamatan Siantan Tengah)
Penghargaan untuk Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan progres terbaik dalam melakukan percepatan pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka sepanjang tahun 2023.
1. Kategori Pendidik dan tenaga kependidikan dengan progres capaian Platfrom Merdeka Mengajar (PMM) terbaik jenjang PAUD, SD dan SMP tahun 2023 adalah :
a. Jenjang PAUD : Pendidik dan Tenaga Kependidikan TK Negeri 1 Palmatak Pendidik dan Tenaga Kependidikan TK Pelangi Langir
b. Jenjang SD : Pendidik dan Tenaga Kependidikan SDN 005 Candi
c. Jenjang SMP : Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMPN 5 Harung Hijau
2. Kategori Pendidik dan Tenaga Kependidikan daerah khusus dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) terbaik se-Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 diberikan kepada: Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMPN 3 Telaga Kecamatan Siantan Selatan
3. Kategori Pendidik dan tenaga kependidikan dengan progres kinerja terbaik dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka sekabupaten kepulauan anambas tahun 2023 diberikan kepada : Pendidik dan Tenaga Kependidikan SDN 002 Air Nangak Kecamatan Siantan Tengah
4. Kategori Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan penyelesaian topik transisi PAUD - SD tercepat diberikan kepada: Pendidik dan Tenaga Kependidikan SDN 003 Bukit Padi Kecamatan Jemaja Timur
5. Kategori Sekolah dengan pencapaian eksplorasi rapor pendidikan tercepat se-Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2023 diberikan kepada: SMPN 2 Siantan Kecamatan Siantan
6. Kategori Komunitas Belajar ramah guru intra sekolah dengan aktifitas terbaik sepanjang tahun 2023 diberikan kepada :
a. Jenjang PAUD : Komunitas Belajar TK Negeri 2 Palmatak Bertuah (TK Negeri 2 Palmatak)
b. Jenjang SD : 1. Komunitas Belajar Sedak Bertuah (SDN 007 Sedak) 2. Komunitas Belajar KKG Guru Kelas SDN 003 Mengkait (SDN 003 Mengkait)
c. Jenjang SMP : Komunitas Belajar SMPN 2 Siantan Yeess (SMPN 2 Siantan)
7. Kategori Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan pemanfaatan Google Work Space For Education (GWFE) terbaik diberikan kepada : Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMPN 1 Siantan Kecamatan Siantan
8. Kategori Sekolah dengan pembentukan dan penginputan Tim Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan (TPPK) tercepat sekabupaten kepulauan anambas diberikan kepada: SDN 002 Air Nangak Kecamatan Siantan Tengah
9. Kategori Kecamatan dengan progress kinerja terbaik dalam mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka se-Kabupaten Kepulauan Anambas diberikan kepada: Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Kecamatan Palmatak

Penulis : fadhli

Dilihat 34 Kali